Cara Bijak Menggunakan Antibiotik

Antiobiotik. Pengunaan antibiotik pada rentan waktu yang cukup lama dan sering dapat mengakibatkan resistensi bakteri atu kekebalan sehingga pengunaan antibiotik tidak berefek pada tubuh karena terlalu sering pengunaanya. Loh! Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mengkonsunsi antibiotik?

Antibiotik merupakan sekelompok molekul alami maupun sintetis yang mempunyai efek menekan atau menghentikan suatu proses biokimia di dalam organisme, khususnya dalam proses infeksi oleh bakteri. Seperti dikatakan diawal bahwa pengunaan antibiotik yang terlalu sering dapat menekan rasa kebal pada bakteri.

Cara Bijak Menggunakan Antibiotik

Berikut cara bijak mengkonsumsi antibiotik, yakni :

Gunakan antibiotik hanya dengan RESEP DOKTER

Jelas bukan! Walaupun sekarang ada beberapa warung yang menjual antibiotik dalam dosis rendah tetap harus menggunakan resep dokter, bahkan banyak menyarankan pengunaan antibiotik tersebut tetap harus dengan resep dokter

Tidak Menggunakan Antibiotik dari resep terdahulu

Kadang kita beranggapan jika mendapatkan kasus kesehatan yang sama dengan yang kemarin kita langsung mengkonsumsi obat serta antibiotik yang pernah disarankan oleh dokter, padahal tetap harus dalam jangkauan resep dokter bisa jadi ada kondisi kesehatan yang berbeda dengan yang lalu

 

Baca Juga

Suplemen yang aman dikonsumsi Setiap Hari

Indonesia Darurat Stunting

Kenali Gejala dan Penyebab Pengapuran Tulang serta Solusinya

 

 

Untuk Kasus Pilek, Batuk dan Demam tidak memerlukan Antibiotik

Pilek, Batuk dan Demam seharusnya tidak memerlukan antibiotik kadang kita salah kaprah. Padahal yang dibutuhkan hanya mengkonsumsi makanan bergizi dan istirahat yang cukup apabila sakit berlanjut hingga 3 hari baru kunjungi dokter.

Tanyakan pada dokter seberap penting Antibiotik pada kesembuhan penyakit yang diderita

Pasien yang bijak bertanya pada ahlinya yakni dokter, mungkin terlihat cukup rewel tetapi kita harus mengetahui seberapa tepat sasarnkan penggunaan antibiotik atau tanyakan adakah cara yang lebih aman dibandingkan mengkonsumsi antibiotik

 

Bijaklah, dalam menangani kasus kesahatan salah satunya dalam mengkonsumsi antibiotik karena hal diakibatkan bukan hal remeh yakni resistensi antibiotik.

Penggunaan antibiotik yang berlebihan akan memberikan dampak kebal karena setiap kali seseorang mengkonsumsi antibiotik, bakteri sensitif dapat terbunuh sedangkan kuman yang tahan terhadap antibiotik akan tumbuh dan makin berkembang. Hal inilah kenapa pengunaan antibiotik berulang dan tetap tidak tepat sasaran malah memberi efek kebal bakteri.

 

Cara Bijak Menggunakan Antibiotik
k l i k g a m b a r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *