5 Langkah Perbaikan Agar Pencernaan Anda Berjalan Lancar

 

Sistem Pencernaan. Kegiatan yang bermula dari otak yang menstimulasi memberi lapar. Dimulai dengan melihat dan menyuapkan makanan ke dalam mulut. Lalu makan tersebut masuk ke dalam kerongkongan, menuju ke dalam usus, lalu pada dinding usus halus dilakukan penyerapan nutrisi pada makanan hingga usus besar. Lalu apa saja masalah yang dihadapai pada pencernaan??

5 Langkah Perbaikan Agar Pencernaan Anda Berjalan Lancar

Ada dua komponen yang wajib diperlukan oleh tubuh untuk proses pencernaan makanan yakni Air dan Serat. Kedua hal tersebut mengatasi terjadi hal-hal yang dapat menggangu kerja sistem pencernaan. Lalu apa yang terjadi ketika ada gangguan pada pencernaan??

Yuk kita lakukan 5 Langkah perbaikan ini agar sistem pencernaan dapat bekerja secara normal dan stabil

Minum Banyak Air Putih

Seperti dikatakan diatas air putih merupakan salah satu komponen agar sistem pencernaan bekerja secara lancar. Ingat air putih tidak bewarna ataupun mengandung pengawet atau pemanis buatan karena hal tersebut bila dikonsumsi secara rutin dapat mengakibatkan diabetes dan penyakit lainnya.

Seperti yang kita ketahui air putih membawa banyak manfaat bagi tubuh dan membantu melancarkan sistem pencernaan salah satinya. Minum 2,5 liter air putih setiap harinya ya!

Konsumsi Berbagai Macam Makanan yang Kaya akan Serat

Yap Serat! Serat satu dari dua komponen yang dibutuhakn pada sistem pencernaan. Dimana kita ketahui sayuran mengandung kaya akan serat. Selain itu gandum utuh pun juga memiliki kandungan serat yang tinggi.

Ingat! Harusnya kandungan serat perhari yang harus kita konsumsi itu 50 gram serat perhari. Ada cara 4 cara memenuhi konsumsi serat harian kita yakni

  • mengkonsumsi 23 butir kacang kenari tiap hari bisa dijadikan cemilan sehat
  • mengkonsumsi oats atau havermut untuk sarapan atau cemilan
  • mengkonsumsi apel dengan kulitnya
  • mengkonsumsi supelmen yang kaya akan serat sebelum makan

 

Berjalan Kaki Setiap Hari

Kenapa harus berjalan kaki??? Saat berjalan kaki kita membantu pembakaran lemak yang tidak dapat dilumpuhkan oleh sistem pencernaan dalam usus. Atau minimal melakukan pergerakan agar tidak terjadi penumpukan dalam usus.

Penuhi Kebutuhan Saluran Pencernaan dengan Bakteri Baik

Bakteri baik disini seperti makanan fermentasi ( acar, tempe, kimchi [makan tradisional korea], sup kedelai kacang jepang aka miso, kefir [salah satu jenis fermnetasi susu menyerupai yogurt] serta kombucha jenis teh fermentasi) serta suplemen probiotik serta mengkonsumsi makan makanan pedas sesekali

Hindari Bakteri Patogen

Bakteri patogen merupakan bakteri parasit yang menganggu sistem pencernaan. Biasakan mengkonsumsi makanan hingga matang sempurna, jaga kebersihan dapur saat memasak serta waspadalah terhadap pembusukan makanan.

5 Langkah Perbaikan Agar Pencernaan Anda Berjalan Lancar
k l i k g a m b a r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *