Indonesia Darurat Stunting

Stunting. Baru-baru ini dilansir dari akun instagram kemenkes_ri bahwa indonesia mengalami darurat stunting. Apa itu stunting?

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak dibawah dua tahun yang disebabkan oleh kekurangan asupan gizi pada waktu yang lama (kronis) sehingga mengakibatkan pertumbuhan kembang anak yakni tinggi badan anak kurang dari standar usianya.

 

Kondisi tubuh anak yang tidak tinggi kadang dikaitkan dengan faktor genetika dari kedua orang tuanya, sehingga masyarakat pada umumnya hanya menerima tanpa berbuat apa-apa yang dapat mencegahnya. Padahal faktor genetika merupakan faktor determinan kesehatan yang paling kecil bila dibandingkan dengan perilaku, lingkungan dan pelayanan kesehatan. Dengan kata lain stunting dapat dicegah.

Bahaya bila stunting terjadi adalah otak anak sulit berkembang dan pertumbuhan tubuh terganggu. Karena masa kembang tercepat tumbuh anak terjadi pasa masa kehamilan hingga menginjak 2 tahun.

Bagaimana Mencegahnya???

Pola Asuh Anak

Stunting dipengaruhi oleh aspek perilaku terutama pola asuh dalam praktek pemberian makan pada bayi dan balita. Dimulai dari edukasi kesehatan tentang reproduksi dan gizi bagi remaja sebagai cikal bakal keluarga juga bekal sebagai seorang ibu.

Mulai dengan bersalin di fasilitas kesehatan serta langsung melakukan insiasi menyusui dini (IMD)  dan berupayalah agar bayi mendapat colostrum air susu ibu. Berikan hanya asi saja hingga menginjak 6 bulan lalu ditambah MPASi dan asi hingga 2 tahun. Jangan lupa pantau tumbuh kembang anak ke posyandu.

Pola Makan

Masalah stunting dipengaruhi oleh rendahnya akses terhadap makanan dari segi jumlah dan kualitas gizi serta keberanekaragaman. Bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan baiknya makan makanan yang kaya akan protein sangat diperlukan disamping itu membiasakan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dalam sati porsi makan.

Sanitasi dan Akses Air Bersih dan Pelayanan Kesehatan

Ketiga komponen ini memang sangat berpengaruh tingkat infeksi yang akan terjadi pada anak. Untuk itu diperlukan mencuci tangan sebelum makan serta tidak buang air sembarang.

Synergy Worldwide perusahaan yang bergerak dibidanv kesehatan menangani Tumbuh Kembang Anak dengan dua produk yang aman dikonsumsi anak yakni Chlorophyll dan Colostrum.

Indonesia Darurat Stunting
Paket Synergy untuk Tumbuh Kembang Anak

(untul pemesanan dan konsultasi hubungi Lodi 0878 8882 0878/0811 888 888 1)

Chlorophyll merupakan produk synergy yang mengandung zat hijau daun dari tanaman alfafa dengan rasa mint menyegarkan berfungsi mebersihkan racun-racun yang berbahaya bagi tubuh serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Sedangkan colostrum merupakan produk synergy yang mengandung antibodi immunoglubillin utama yang tinggu berfungsi suplemen yang aman bagi anak serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Cara Pakai

  • 1 sdm chlorophyll dicampur dengan segelas air diminum 2 kali sehari sebelum makan
  • 1 kapsul colostrum diminum 4 kali sehari setelah makan dan satu kali sebelum tidur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *